Pages

Rabu, 28 Oktober 2015

Perbedaan tumpuan rol, sendi, dan jepit

Materi Teknik Sipil | Selamat datang, pada artikel kali ini saya akan membagikan artikel tentang pengertian tumpuan, perbedaan antara tumpuan-tumpuan tersebut. Semoga bermanfaat :)

Tumpuan ialah tempat perletakan konstruksi  atau dukungan bagi konstruksi dalam meneruskan gaya-gaya yang bekerja ke pondasi. 

Dalam ilmu analisa struktur dikenal 3 jenis tumpuan yaitu tumpuan sendi, tumpuan rol dan tumpuan jepit.
A.  Tumpuan Sendi
Tumpuan sendi sering disebut juga sebagai tumpuan engsel, karena cara kerjanya mirip dengan engsel. Tumpuan mampu memberikan reaksi gaya horizontal dan vertikal, artinya tumpuan sendi dapat menahan gaya vertikal maupun gaya horizontal dan tidak dapat menahan momen.
B. Tumpuan Rol
Tumpuan rol adalah tumpuan yang dapat bergeser kea rah horizontal sehingga tumpuan ini tidak dapat menahan gaya horizontal. Pada tumpuan rol terdapat roda yang dapat bergeser yang gunanya untuk mengakomodir pemuaian pada konstruksi sehingga konstruksi tidak rusak. Tumpuan rol hanya mampu memberikan reaksi arah vertikal saja, artinya tumpuan rol hanya bias menahan gaya secara vertikal saja dan tidak bias menahan gaya horizontal dan momen.
C. Tumpuan Jepit
Tumpuan jepit ialah merupakan tumpuan  berupa balok yang terjepit pada tiang atau kolom. Pada tumpuan ini mampu memberikan reaksi terhadap gaya vertikal, horizontal bahkan mampu memberikan reaksi  terhadap putaran momen.

Sekian artikel kali ini, semoga membantu referensi penelusuran teman-teman sekalian. Terima kasih telah berkunjung.

3 komentar:

  1. Untuk penentuan jenis perletakan untuk tiap struktur itu ditentukan dari faktor apa ya? Misalnya pada kondisi mana kit memakai perletakan Sendir - Roll atau pada kondisi mana kit memakai Sendi - Sendi. Terima kasih

    BalasHapus
  2. Perbedaan Tumpuan Rol, Sendi, Dan Jepit >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Perbedaan Tumpuan Rol, Sendi, Dan Jepit >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Perbedaan Tumpuan Rol, Sendi, Dan Jepit >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus